Cara Install CodeIgniter

Hasil gambar untuk logo codeigniterSelamat malam kawan semua, kalau barusan kita sudah mengenal tentang MVC sekarang kita akan langsung praktek implementasi konsep MVC tersebut pada framework CodeIgniter. Tetapi, sebelum memulai implementasi kita harus tau dulu bagaimana cara install dan konfigurasinya terlebih dahulu kan.. Tapi di tutorial kali ini saya akan share cara installnya terlebih dahulu yah :D. langsung saja ke alat-alat tempur yang kita butuhkan dalam proses instalasi CI adalah :

  1. Pemahaman tentang PHP, PHP adalah dasar dari pemograman web jadi yang belum tau apa sih PHP (bukan permberi harapan palsu alias harkos ya..:D) saya sarankan belajar dulu mengenal struktur dari PHP itu sendiri.
  2. Web server, kalian boleh menggunakan webserver apapun baik itu LAMPP, XAMPP, WAMPP dll. dan harus sudah terinstall di pc atau laptop kalian.
  3. Text editor atau bahasa kerennya IDE, kalian juga boleh pakai apa sajaa text editornya baik itu Notepad++ NetBeans, Sublime, dll.
  4. yang terakhir yang penting adalah segelas teh manis anget dan cemilan serta alunan music agar gak jenuh.

langsung saja kita install terlebih dahulu CI (CodeIgniter)nya, bagi yang belum punya bisa download di web CI https://codeigniter.com/download, setelah terdownload kita extrak file CI tersebut lalu kita letakan di folder htdocs web server kita. Oh ya, di sini saya menggunakan windows 7 dan webserver XAMPP yah. jadi kalo belum paham dimana itu folder htdocs kalian bisa buka Local disk C (tergantung installnya di drive C atau D) -> pilih folder XAMPP -> htdocs. Setelah ter-extrak kita letakan seperti gambar di bawah ini.

jangan lupa kita ganti namanya , untuk nama terserah kalian. Di sini saya mengganti menjadi belajarci. Tahap selanjutnya kita akan mengaktifkan webserver kita, bagi pengguna XAMPP bisa di lihat cara klik  Start -> pilih folder XAMPP (biasanya paling bawah) -> XAMPP Control Panel. Perhatikan gambar di bawah.

 

setelah itu akan muncul gambar seperti ini. lalu kita aktifkan yang bagian Apache dan MySQL nya saja.

Selanjutnya kita masuk web browser ketikan link http://localhost/belajarci(nama folder CI yang tadi kita buat). Perhatikan gambar di bawah ini.

 

 

oke, proses instalasi selesai. Saya rasa cukup sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan dan semoga bermanfaat

 

 

 

 

 

Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *