Cara Installasi Dan Konfigurasi FTP SERVER

Pendahuluan

         File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client.  FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client. FTP client adalah computer yang merequest koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, merename, men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Tujuan dari FTP server adalah sebagai berikut :

  •  Untuk tujuan sharing data
  •  Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer
  •  Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user
  •  Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien

Cara Install Dan Konfigurasi FTP

1. Yang pertamakali kita lakukan adalah install proftpd server dengan perintah :

root@rofiq:~# apt-get install -y proftpd

2.  Ditegah proses installasi anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi proftpd karena kita akan membangun untuk server local maka kita pilih standalone kemudian klik enter untuk melanjutkan keproses selanjutnya.

3. Kemudian Tungguh proses installasi hingga selesai , setelah selesai installasi kemudian kita buat user .

root@rofiq:~# adduser ichsan

4. setelah buat user kita masuk ke home setelah masuk home ketik perintah ” ls ” untuk mengecek apakah  user yang kita buat tadi sudah ada .

root@rofiq:~# cd home/
root@rofiq:~# ls

5. setelah mengecek dan user yang kita buat tadi sudah ada kemudian kita masuk ke user tadi dengan menggunakan perintah : ” # cd ichsan/ ”

root@rofiq:/home# cd ichsan/

6. Setelah masuk ke user ” ichsan ”  kemudian kita buat directori di dalamnya dengan menggunakan  perintah ” mkdir bantu “.

root@rofiq:/home/ichsan# mkdir bantu

7. langkah selanjutnya kita menghapus user ftp beserta password yang telah di berikan secara otomatis ketika kita melakukan installasi  , peritah yang digunakan untuk menghapus user ftp adalah ” userdel ftp ” kemudian tekan enter

root@rofiq:/home/ichsan# userdel ftp

8. Setelah kita menghapus user ftp yang default kita membuat sebuah user yang nantinya akan dapat kita gunakan untuk login kedalam ftp kita misalnya saya tetap menggunakan nama ftp sebagai user untuk ftp saya .

root@rofiq:/home/ichsan# useradd -d /bantu/ ftp

9. Kemudian kita buat password untuk user yang baru saja anda buat tadi dengan menggunakan perintah passwd ftp kemudian tekan enter. dan masukkan password yang anda inginkan dan ulangi lagi dibawahnya.

root@rofiq:/home/ichsan# passwd ftp

10. Selanjutnya kita konfigurasi proftpd.conf .

root@rofiq:/home/ichsan# nano /etc/proftpd/proftpd.conf

11. Kemudian tambahkan konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

12. setelah konfigurasi kemudian simpan konfigurasi yang telah anda buat tadi , dengan menekan tombol ” Ctrl + X kemudian tekan Y lalu enter ” untuk menyimpan .

13. kemudian kita tambahkan sub domain ftp pada dns server yang kita buat .

root@rofiq:/home/ichsan# nano /etc/bind/db.rofiq

root@rofiq:/home/ichsan# nano /etc/bind/db.129

14. karena kita menambahkan konfigurasi baru pada dns server maka kita harus melakukan restart dengan tujuan agar sub domain yang baru kita buat tadi bisa dibaca oleh system . restart dengan menggunakan perintah ” rndc reload  ” .

root@rofiq:/home/ichsan# rndc reload

15. Selanjutnya kita restart juga konfigurasi ftp kita dengan menggunakan perintah
” service proftpd restart ” pastikan tidak ada pesan kesalahan  , sehingga hasil akan tampah seperti gambar di bawah ini .

root@rofiq:/home/ichsan# service proftpd restart

Pengujian

16. Setelah semua selesai kemudian kita lakukan pengujian yang pertama kita ping sub domain yang kita buat tadi misalnya ftp.rofiq.net :

>ping ftp.rofiq.net

17. Setelah kita ping dan reply maka kita lakukan pengujian di web browser dengan mengetik sub domain pada kolm url misalnya  ftp.rofiq.net kemudian tekan enter untuk melanjutkan .selesai .

———————————————————————————————
Sekian Artikel Dari saya silahkan komentar …..
Semogah Bisa membatu dan bermanfaat . Selamat mencoba dan berhasil ….

sumber : mycomputer
Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *