Rumus Excel untuk menghitung umur atau usia kerja

Rumus Excel untuk menghitung umur atau usia kerja

Beberapa pekerjaan atau departemen tertentu, sangat memerlukan data yang berkaitan dengan umur atau pun usia kerja seseorang. Misalnya bagian HRD yang memerlukan usia kerja seseorang untuk menghitung THR/bonus, pensiun ataupun keperluan lain. Selain itu, ada juga bagian administrasi klinik atau rumah sakit yang memerlukan informasi umur seorang pasien.

Pada tulisan ini, kami akan membahas bagaimana menghitung umur atau usia kerja dengan Excel dengan format “YY Tahun, MM Bulan, DD Hari”. Jadi output yang dihasilkan misalnya “29 Tahun, 3 Bulan, 24 Hari”. Pada tulisan ini juga akan dibahas alternatif lain untuk menghitung tujuan ini.

Fungsi DATEDIF

Konsep utama untuk menghitung umur atau usia kerja dengan Excel adalah membandingkan dua buah tanggal, yaitu antara tanggal lahir atau tanggal hari pertama kerja dengan tanggal sekarang. Fungsi atau rumus Excel untuk menghitung umur atau usia kerja yaitu DATEDIF (baca: date dif) jumlah tahun, bulan dan hari antara dua tanggal adalah dengan menggunakan DATEDIF().

Syntax:

DATEDIF(start_date,end_date,unit)

Keterangan:

  • start_date yaitu tanggal awal dalam hal ini adalah Tanggal Lahir atau Tanggal Hari Pertama Kerja
  • end_date yaitu tanggal akhir dalam hal ini adalah tanggal sekarang yang bisa kita ganti dengan TODAY() atau NOW()
  • unit yaitu tipe unit informasi yang dibutuhkan apakah dalam tahun (Y), bulan (M), hari (D), bulan pada tahun yang sama (YM), atau hari pada bulan yang sama (MD).

Dalam contoh ini, tanggal lahir atau tanggal hari pertama kerja bisa dibuat konstan atau tetap, sedangkan Tanggal Sekarang atau Tanggal Hari Pertama Kerja bisa dibuat relatif dengan fungsi TODAY() atau NOW(). Unit yang digunakan untuk tujuan ini adalah Y Tahun YM Bulan dan MD Hari.

rumus excel untuk menghitung umur 1

Rumus Excel untuk menghitung umur dengan DATEDIF

Rumus Excel untuk menghitung umur atau usia kerja pada cell C6 adalah sebagai berikut:

=+DATEDIF(B6,NOW(),”Y”)&” Tahun, “&DATEDIF(B6,NOW(),”YM”)&” Bulan, “&DATEDIF(B6,NOW(),”MD”)&” Hari”

Alternatif lain rumus Excel untuk menghitung umur

Selain menggunakan DATEDIF(), alternative rumus Excel yang digunakan untuk menghitung umur atau usia kerja yaitu dengan mengurangkan tanggal sekarang dengan tanggal lahir atau tanggal pertama kerja dengan rumus NOW()-tanggal_lahir atau NOW()-tanggal_join. Output dari rumus ini menghasilkan sebuah tanggal yang merupakan usia orang tersebut dikurangi sebulan dari tahun 0.

Sebagai contoh, jika kita mengurangkan tanggal hari ini (22-Mar-2016) dengan tanggal lahir seseorang bernama James Sunarto yang lahir pada 18-Aug-1986, maka akan menghasilkan tanggal 4-Aug-1929. Tanggal tersebut menunjukkan usia James Sunarto (dibaca dari belakang) yaitu 29 Tahun, 7 Bulan, 4 Hari.

Rumus Excel untuk menghitung umur atau usia kerja dengan metode ini pada cell D6 adalah sebagai berikut:

=+TEXT(NOW()-B6,”yy “)&” Tahun, “&TEXT(NOW()-B6,”mm “)&” Bulan, “&TEXT(NOW()-B6,”dd “)&” Hari “

rumus excel untuk menghitung umur 2

Perbandingan rumus Excel untuk menghitung umur

Meskipun secara sekilas sepertinya menghasilkan output seperti yang kita inginkan, dengan metode ini kita terlebih dahulu harus memodifikasi rumusnya dengan mengurangi sebulan. Kesulitannya, jumlah bulan bervariasi dari 28, 29, 30 dan 31 sehingga rumusnya akan menjadi lebih panjang dan rumit. Padahal, Excel sudah menyediakan fungsi DATEDIF yang jauh lebih efisien.

Update: Jika Anda menemui kendala pada saat meng-copy rumus di atas ke sheet Excel, silahkan dowload worksheetnya di sini.

Jika masih menemui kendala, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar 🙂

 

sumber : jagoexcel

Cara Daftar Google Adsense Indonesia Agar Cepat Diterima

Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) yang paling banyak digemari oleh ...

Learn more

Konfigurasi Dasar CodeIgniter

Selamat malam kawan semua, bagaimana kabarnya? semoga baik baik saja yah. Malam ini kita akan ...

Learn more
Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *