Celah Keamanan ini Bisa Bikin HP Android Kamu Mati

HP Android kamu pernah mati atau tidak merespon sama sekali dengan setiap tombol yang kamu tekan? Hal ini bisa saja dipengaruhi karena adanya celah keamanan pada Android yang menyebabkan Android kamu tidak merespon bahkan mati ketika menggunakan sebuah aplikasi atau ketika sedang mengunjungi website. Hal ini senada disebutkan dengan juru bicara Google mengenai laporan adanya potensi exploit pada sistem keamanan Android tetapi hingga saat ini belum diketahui lokasi celah keamanan di OS Android tersebut. Setiap harinya semakin banyak perangkat Android yang terkena efek dari exploit ini yang menyebabkan perangkat Android tidak merespon.

Celah keamanan

Dilaporkan dari tim keamanan Trend Micro, celah keamanan ini terdapat pada sistem operasi Android versi 4.3 hingga yang terbaru dan OS tersebut telah diinstal di sekitar 900 juta perangkat Android di dunia. Celah keamanan Android ini berada pada Mediaserver service, dimana digunakan Android untuk melakukan indeks pada file media di perangkat kamu. Ketika mediaserver crash dan merespon dengan status malformed video (biasanya terjadi pada video format MKV). Setelah crash tersebut biasanya Android tidak akan merespon sama sekali.

Ketika sedang browsing, hal ini bisa terjadi biasanya karena ada video dengan format MKV pada sebuah halaman HTML website. Untuk memperbaikinya hanya ada satu cara yaitu restart perangkat Android kamu. Tetapi hal ini tidak bisa menjadi solusi karena ke depannya bisa saja perangkat Android bisa mati total. Pihak Trend Micro juga menyebutkan kasus ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Google. Ada yang pernah mengalami hal ini?

 

Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *