Menyajikan Angka Dalam Ribuan atau Jutaan Pada Laporan Keuangan

Menyajikan Angka Dalam Ribuan atau Jutaan Pada Laporan Keuangan

Pernahkah Anda membaca laporan keuangan perusahaan terbuka (Tbk) yang telah diaudit yang biasanya ditampilkan di surat kabar? Jika Anda cermati, Anda akan melihat ciri khas laporan keuangan yaitu dinyatakan atau disajikan dengan satuan yang lebih besar misalnya dalam ribuan atau jutaan. Pada judul laporan keuangan seperti tampak pada gambar di bawah, dijelaskan bahwa laporan keuangan disajikan dalam jutaan rupiah sebagai berikut.

contoh-laporan-keuangan

Baca Juga: Cara Membuat DropDown List di Excel

Dengan kata lain, angka yang ditampilkan pada laporan keuangan biasanya lebih kecil dari angka sebenarnya. Sebagai contoh, angka Rp 35,000,000,000 (35 milyar) pada laporan keuangan, biasanya ditampilkan sebagai 35,000,000 (disajikan dalam ribuan) atau 35,000 (disajikan dalam jutaan).

Tujuannya adalah, untuk menampilkan laporan keuangan secara efisien dengan tidak banyak memakan tempat atau space. Hal ini mengingat besarnya angka-angka pada item laporan keuangan yang biasanya dalam milyar atau trilyun.

Pertanyaannya, bagaimana caranya menampilkan angka dalam satuaan jutaan pada laporan keuangan?

Cara paling sederhana adalah dengan membuat laporan keuangan di tempat lain dan membagi setiap nilai atau angka-angkanya dengan satuan yang dibutuhkan. Pada gambar di bawah, bisa dilihat laporan keuangan yang dinyatakan dalam satuan normal di sebelah kiri, dibuat kembali dengan disajikan dalam jutaan di sebelah kanan.

menyajikan angka dalam ribuan atau jutaan

Menggunakan cara seperti ini pada Excel sangat tidak efektif. Alasannya, dengan cara ini kita melakukan pekerjaan yang sama sebanyak dua kali sekaligus menambah ukuran data file Excel. Padahal, Excel telah menyediakan cara yang lebih baik dengan Custom Number Format.

Dengan menggunakan Custom Format Number, kita tidak akan mengubah perhitungan pada angka laporan keuangan sebenarnya. Dengan Custom Format Number ini, kita hanya mengubah bagaimana angka tersebut ditampilkan dan tidak mengubah rumus atau perhitungannya sama sekali.

Baca Juga  Membuat Buku Besar Dengan VLOOKUP
Caranya untuk menyajikan angka dalam  ribuan atau jutaan pada laporan keuangan adalah sebagai berikut:
  • Pada laporan keuangan sebelah kiri, blok kolom yang berisi angka laporan keuangan yaitu kolom C7:C12 dan F7:F12.
  • Klik atau buka Format Number dengan cara klik Home, pilih Format Number untuk menampilkan window box Format Cells. Agar lebih cepat, Anda bisa menggunakan shortcut CTRL+1 untuk menampikan Format Cells.format-cells
  • Pada tab Number, pilih kategori dari Number ke Custom.format-cell-custom
  • Klik Type, tambahkan tanda koma setelah format #,##0. Setiap satu tanda koma (,) untuk menyatakan dalam ribuan. Sehingga, untuk menampilkan angka dalam satuan jutaan pada laporan keuangan adalah dengan menambahkan dua tanda koma (,) menjadi #,##0,, lalu tekan OK. Bisa dilihat pada gambar di bawah bahwa angka yang ditampilkan di cell berbeda dengan angka perhitungan di formula bar.custom-number-format-02menyajikan-angka-dalam-ribuan-atau-jutaan-03
  • Ubah semua kolom angka yang ingin disajikan dalam ribuan atau jutaan, sehingga menghasilkan seperti ini.final

 

sumber : jagoexcel

Cara Daftar Google Adsense Indonesia Agar Cepat Diterima

Google Adsense adalah salah satu program PPC (Pay Per Click) yang paling banyak digemari oleh ...

Learn more
Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *