Menghitung selisih waktu di excel

Gunakan fungsi DATEDIF saat Anda ingin menghitung selisih antara dua tanggal. Masukkan tanggal mulai di satu sel terlebih dahulu, lalu tanggal selesai di sel yang lain. Kemudian ketikkan rumus seperti salah satu contoh berikut ini.

Selisih hari

=DATEDIF(D9,E9,"h") dengan hasil 856Dalam contoh ini, tanggal mulai ada di sel D9, dan tanggal selesai di sel E9. Rumus berada di sel F9. “H” mengembalikan jumlah hari penuh antara dua tanggal.

Selisih minggu

=(DATEDIF(D13,E13,"h")/7) dan hasilnya: 122,29Dalam contoh ini, tanggal mulai ada di sel D13, dan tanggal selesai di sel E13. “H” mengembalikan jumlah hari. Tetapi perhatikan angka /7 di bagian akhir. Angka tersebut membagi jumlah hari dengan 7, karena ada 7 hari dalam seminggu. Perlu diketahui bahwa hasil ini juga perlu diformat sebagai angka. Tekan CTRL + 1. Lalu klik Angka Tempat desimal: 2.

Selisih bulan

=DATEDIF(D5,E5,"b") dan hasilnya: 28Dalam contoh ini, tanggal mulai ada di sel D5, dan tanggal selesai di sel E5. Dalam rumus tersebut, “b”mengembalikan jumlah bulan penuh antara dua hari.

Selisih tahun

=DATEDIF(D2,E2,"t") dan hasilnya: 2Dalam contoh ini, tanggal mulai ada di sel D2, dan tanggal selesai di sel E2. “T” mengembalikan jumlah tahun penuh antara dua hari.

Menghitung usia dalam akumulasi tahun, bulan, dan hari

Anda juga dapat menghitung usia atau waktu layanan seseorang. Hasilnya dapat berupa “2 tahun, 4 bulan, 5 hari.”

1. Gunakan DATEDIF untuk mencari tahu total tahun.

=DATEDIF(D17,E17,"t") dan hasilnya: 2Dalam contoh ini, tanggal mulai ada di sel D17, dan tanggal selesai di sel E17. Dalam rumus ini, “t”mengembalikan jumlah tahun penuh antara dua hari.

2. Gunakan DATEDIF kembali dengan “tb” untuk menemukan bulan.

=DATEDIF(D17,E17,"tb") dan hasilnya: 4Di sel lain, gunakan rumus DATEDIF dengan parameter “tb”. Parameter “tb” mengembalikan jumlah bulan yang tersisa dalam satu tahun penuh yang lalu.

3. Gunakan rumus yang berbeda untuk mencari tahu hari.

=DATEDIF(D17,E17,"bh") dan hasilnya: 5Sekarang kita perlu mencari tahu jumlah hari yang tersisa. Kita akan melakukannya dengan menulis jenis rumus yang berbeda, seperti dalam contoh di atas. Rumus ini mengurangi hari pertama bulan selesai (1/5/2016) dari tanggal selesai asli di sel E17 (6/5/2016). Berikut cara rumus ini menghitungnya: Pertama, fungsi DATE akan membuat tanggal, 1/5/2016. Tanggal dibuat menggunakan tahun di sel E17, dan bulan di sel E17. Lalu 1 mewakili hari pertama dalam bulan tersebut. Hasil dari fungsi DATE adalah 1/5/2016. Kemudian, kita kurangi tanggal tersebut dari tanggal selesai asli di sel E17, yaitu 6/5/2016. 6/5/2016 dikurangi 1/5/2016 adalah 5 hari.

CATATAN: Sebaiknya jangan gunakan argumen “bh” DATEDIF karena penghitungan hasil mungkin menjadi tidak akurat.

4. Opsional: Gabungkan tiga rumus menjadi satu.

=DATEDIF(D17,E17,"t")&" tahun, "&DATEDIF(D17,E17,"tb")&" bulan, "&DATEDIF(D17,E17,"bh")&" hari" dan hasilnya: 2 tahun, 4 bulan, 5 hariAnda dapat menggabungkan ketiga penghitungan tersebut ke dalam satu sel seperti contoh berikut ini. Gunakan ampersand, tanda kutip, dan teks. Rumus ini memang lebih panjang untuk diketik, namun semuanya tergabung menjadi satu. Tips: Tekan ALT+ENTER untuk menambahkan pembatas baris dalam rumus Anda. Cara ini membuatnya lebih mudah dibaca. Selain itu, tekan CTRL+SHIFT+U jika Anda tidak dapat melihat seluruh rumus.

sumber : office

Konfigurasi Dasar CodeIgniter

Selamat malam kawan semua, bagaimana kabarnya? semoga baik baik saja yah. Malam ini kita akan ...

Learn more
Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *