Mengenal Array Pada Java

Hasil gambar untuk java logoSelamat malam, di dunia pemograman pasti ada yang namanya array. Apa sih array itu sendiri? array  adalah sebuah sekumpulan objek yang memiliki tipe data yang sama dengan yang lainnya. Array di gunakan untuk menyimpan suatu nilai pada variable. Nilai yang tersimpan di dalam array di sebut juga element, untuk dapat mengakses element tersebut di butuhkan suatu index berupa angka, index di sini menjunjukan nomor urut dari posisi element yang ingin di akses. Java memulai index array nya dari angka 0 bukan dari angka 1.

dari pada penasaran mending langsung saja kita praktek.
pertama-tama buka IDE (Netbeans, Eclipse, Sublime, dll) atau tools yang biasa anda gunakan. di sini saya menggunakan Linux dan Sublime Text 3.
ketikan kode di bawah ini , dan simpan dengan nama file array.java

Maka hasilnya adalah :
Penjelasan untuk script dari array.java :
Pada barik ke-3 dan ke-4 adalah menunjukan pendeklarasian sebuah array, di situ juga di tuliskan a = new int[10]; nah pada baris ini menentukan banyaknya index array  yang akan kita tampilkan, sama seperti pendeklarasian sebuah variable array juga harus di deklarasikan terlebih dahulu, perbedaannya ialah pendeklarasian array menggukan kurung siku ([]).
pada baris ke-6 adalah menunjukan cara mengisi element ke-0 di array a. Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa Java pendeklarasian index pada array di mulai dari angka 0.
pada baris ke-10 menerangkan pengeluaran/output  nilai dari element ke-i ke array a.
Oke cukup sekian tutorial kali ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan. Semoga bermanfaat.
Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *