Mengenal Teknik Hacking Eavesdropping Dan Cara Mencegahnya

Yang namanya hacking hingga saat ini masih dipandang sebagai skill yang populer. Terbukti mulai dari siswa IT hingga para pakarIT berlomba-lomba untuk mempelajari ilmu hacking ini secara otodidak. Yup, secara otodidak, karena pendidikan resminya sendiri masih jarang.

Berbicara mengenai ilmu hacking, seorang hacker akan menerapkan banyak teknik untuk meng-hack korbannya. Salah satunya adalah Eavesdropping. Mau tahu apa itu Eavesdropping dan cara mencegahnya? Simak artikel Jaka berikut ini.

Mengenal Teknik Hacking Eavesdropping dan Cara Mencegahnya

Teknik hacking ada banyak, dan hal wajar seandainya seorang hacker akan mempergunakan beberapa teknikuntuk menyerang korbannya. Teknik itu sendiri beberapa di antaranya adalah MiTM, Watering Hole, Phising, dan lain-lain.

Apabila kamu ingin mengetahui apa itu MiTM, Watering Hole, dan lain-lain, kamu bisa coba mencari artikel Jaka yang sebelumnya telah membahas mengenai hal tersebut. Karena pada artikel kali ini, Jaka akan membahas mengenai Eavesdropping.

Apa itu teknik hacking Eavesdropping? Ini merupakan teknik mengintersepsi jaringan komunikasi korban secara real time. Jaringan komunikasi itu sendiri contohnya telepon, video call, SMS, fax, dan lain-lain. Tujuannya untuk mencuri data yang tidak terenkripsi dan dikirimkan melalui jaringan data.

Sekilas jika kamu perhatikan, sebetulnya teknik ini merupakan bagian dari teknik hacking MiTM. Yang dilakukan melalui teknik ini bisa dibilang seperti menguping. Ketika ada dua orang melakukan pembicaraan melalui telepon, hacker dengan memakai teknik ini akan dapat mendengarnya. Atau bahasa lainnya adalah menyadap.

foto-mitsloan-dropping1

Teknik hacking ini bisa dibilang tergolong sulit, tapi mudah dilakukan bagi orang yang memiliki wewenang khusus. Karena untuk melalukan teknik ini, biasanya membutuhkan perangkat tambahan ataupun sebuah akses khusus.

Bagaimana pun, teknik ini tergolong sangat berbahaya. Dan bukan tidak mungkin seseorang di sekitar kamu dapat melakukannya. Oleh karena itu, berikut Jaka beri tahu kamu cara untuk mencegahnya.

Cara Mencegah Serangan Teknik Hacking Eavesdropping

Nah, kira-kira bagaimana cara menghadapi serangan Eavesdropping ini? Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahui saat ada seseorang yang menyerang kamu dengan teknik hacking Eavesdropping.

  • Apabila yang diserang adalah jalur komunikasi telepon. Biasanya jalur komunikasi telepon kita nantinya tidak jernih, akan ada seperti suara berdengung. Di satu sisi, suara lawan bicara kita juga akan menggema.
  • Sambungan jalur telepon akan sering terputus setiap beberapa menit, meskipun sinyal kamu dan lawan bicara kamu kuat.
  • Saat kita menelepon, kadang tersasar ke nomor yang tidak jelas. Padahal kita sudah memastikan nomor telepon yang dituju.
  • Apabila yang diserang adalah jalur komunikasi pesan, biasanya pesan-pesan kamu akan mengalami delay, bahkan bukan tidak mungkin gagal dikirim.
  • Pesan akan terkirim dua kali, bahkan juga menyebabkan biaya pengiriman pesan kamu menjadi dua kali lipat.

Seandainya kamu mengalami tanda-tanda tersebut, bukan tidak mungkin saat ini kamu sedang diserang dengan teknik hacking yang bernana Eavesdropping ini. Untuk itu, kamu perlu melakukan hal ini.

  • Ganti nomor ponsel atau akun.
  • Kalau kamu tidak bisa ganti nomor ponsel atau akun, segera hubungi operator layanan tersebut. Katakan bahwa kamu curiga ada aktivitas komunikasi lain di luar yang kamu lakukan.
  • Lakukan factory reset. Mengenai bagaimana caranya, kamu bisa melihatnya melalui artikel Jaka berikut.

Nah, itulah dia barusan artikel Jaka mengenai mengenal teknik hacking Eavesdropping dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat ya!

Pastikan juga kamu membaca artikel terkait Hack atau tulisan menarik lain dari Putra Andalas.

Banner: Internet Archive

sumber : jalantikus

Share This:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *